Monitoring kelompok usaha bersama Giring 3

Giring Village 17 Oktober 2023 13:51:15 WIB

monitoring keberlangsungan Kelompok usaha bersama( kube) di padukuhan pulebener kalurahan Giring. Dihadiri dari panewu paliyan yg diwakili oleh jawatan sosial,  Tkpk kapanewon palian, dan dari dinas sosial bapak giyanto dan ibu puji. 

Sambutan dari bapak Gianto selaku kepala bidang penanggulangan fakir miskin. Memaparkan bahwa pernah ada stimulus utk kelompok kube giring 3 d tahun 2016.

Awalnya 20 jt utk pembelian kambing sejumlah 16 ekor. Utk 10 anggota diundi sesuai kesepakatan.

Pertanyaanya dari 16 ekor sekarang menjadi berapa? 

Pengadaan dari pak prapto

Sudah 7 tahun ada perkembangan kah?

Ada tidak data perkembangan tersebut sebagai wujud bukti pertanggungjawaban. Setiap kejadian diharap ada laporan utk diinventaris. Secara administrasi adakah buku yg tersedia, dari manfaat sosial menjadi lebih baik dalam hubungan kah?

Disambut pak pujimin memaparkan keadaan yg sebenarnya. Menurutnya dalam ada banyak hal yg dihadapi. Berkaitan kube giring 3 dari pak pujimin menghaturkan banyak terimakasih adanya bantuan d tahun 2016. 15 ekor kambing betina dan 1 ekor pejantan. 15 ekor bervariasi. Ada yg matang utk bereproduksi, ada yg menunggu waktu. Cara pemeliharaan sesuai mufakat dalam bentuk gaduh. Kelahiran pertama milik pemelihara. Kelahiran ke dua dibagi dua, pemelihara dan kube setelah usia 6 bulan. Dijual dalam bentuk tawar d intern anggota. Pernah diundang oleh dinas sosial dan diarahkan utk ada iuran usaha. Sampai 2022 pernah berhenti karena ada kekayaan. Tak selang lama iuran kesetiakawanan sosial di milai lagi per selapan hari sejumlah 5000 rupiah. Aset yang ada dalam bentuk uang sesuai kesepakatan dipinjamkan tanpa bunga dg tempo 3 selapanan. Seiring waktu ada kendala maupun leuntungan. Positifnya ada dari kambing bisa meningkat menjadi sapi. Di tahun 2022 banyak kendala. Kematian, mandul, rusak, harga jual hancur.

Saat pertemuan rutin, beruntung warga sangat antusias dibuktikan dengan daftar hadir.

Sampai hari ini utk kambing modal ada 9 ekor. 4 ekor kambing indukan, 4 ekor anakan. Dan 1 ekor sapi. Sapi dipelihara oleh orang diluar anggota kelompok. Dan setelah menguntungkan sapi dijual dan dijadikan kekayaan kelompok.

Tahun 2022 yg lalu ada sapi betina 2 ekor kambing betina 7ekor. Uang ada 5 jt 599 rb, yg dibawa anggota 5 jt. 

Dari ibu puji selaku petugas investigasi administrasi perlu ada pembenahan pembenahan dalam format format catatan.

Butuh detail lagi dan selebihnya sudah cukup. Berharap indah, langgeh dalam manfaat.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar