Visi Misi

Giring Village 01 April 2013 14:14:06 WIB

Visi Pemerintah Desa Giring

Visi dan Misi

Visi yang ditetapkan Desa Giring tahun 2015 adalah sebagai berikut :

 “Terwujudnya Pemerintahan Desa yang baik dalam mewujudkan masyarakat yang Aman, Damai  dan sejahtera”

Pengertian “Terwujudnya Pemerintahan desa yanng baik untuk mewujudkan masyarakat yang Aman Damai dan sejahtera”  mengandung makna sebagai berikut :

  1. Pemerintah yang baik mengandung makna terwujudnya penyelenggaraan pemerintah yang bersih bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) sebagai pengayom dan mampu memberikan layanan pada masyarakat.
  2. Aman mengandung makna masyarakat Desa Giring yang istilah jawa (Ayom Ayem) artinya Perangkat Desa, Lembaga Desa terkait harus bisa mengayomi masyarakat secara luas tanpa pandang bulu, dan dapat menjadikan ketentraman karena terjaga keamananya, dilindungi, dicukupi kebutuhanya.
  3. Damai mengandung makna ketentraman masayarakat terjaga karena tercukupi kebutuhan lahiriah dan batiniah yang seimbang.
  4. Sejahtera mengandung makna menggambarkan kondisi taraf hidup masyarakat yang semakin meningkat dari waktu ke waktu, tercukupinya kebutuhan dasar hidup masyarakat berupa pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, situasi yang kondusif, suasana kehidupan yang rukun, serta saling menghormati dan menghargai yang dilandasi oleh sikap religius, dan menjujunjung tinggi nilai-nilai demokrasi keadilan.

Untuk merealisasi Visi tersebut Misi yang ditetapkan sebagai berikut :

  1. Peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.
  2. Pengembangan kapasitas SDM aparatur desa, lembaga desa, dan masyarakat yang terampil, profesional, religius, dan peduli.
  3. Peningkatan fungsi, peran, serta kerjasama perangkat desa dan lembaga desa.
  4. Peningkatan kualitas pelayanan dan kondisi wilayah yang kondusif.
  5. Optimalisasi pemanfaatan potensi desa.